Mengenal 'Anonymous', kelompok hacker No.1 di dunia

By Rafiandi Indra Adigana
Advertisement

Mungkin Netizen sudah familiar dengan kata 'Anonymous'. Dan kata 'Anonymous' ini banyak sekali beredar mulai dari jejaring sosial, majalah, situs web, hingga berita nasional. Hmm.. Siapa sih Anonymous ini? Itulah topik yang akan kita bahas kali ini.

Anonymous adalah kelompok hacker nomor satu di dunia yang aktif dalam bidang hacking atau disebut dengan 'hacktivist'. Kelompok Anonymous ini bermula dari forum internet 4Chan pada tahun 2003. Lalu, apa tujuan Anonymous dibentuk? Kelompok hacker ini menentang sensor dan pembatasan kebebasan berinternet terlebih pengawasan online yang dilakukan oleh pemerintah.

Uniknya, Anggota dari Anonymous sampai saat ini sangat sulit untuk diketahui. Bahkan, tidak ada informasi yang jelas bagaimana bergabung dalam kelompok hacker ini. Namun, seperti yang dikutip dari tweet @AnonNewsIndo mereka mengungkapkan

"Tidak ada cara bagaimana bergabung dengan Anonymous, karena kita semua bisa menjadi #Anonymous"
"Anonymous tidak memiliki pemimpin dan tidak memiliki struktur organisasi"

Wajar saja, sesuai dengan namanya 'Anonymous' yang memiliki arti 'tanpa nama'. Kelompok hacker ini sangat merahasiakan identitas mereka. Bahkan, jika mereka terpaksa tampil di depan publik mereka pasti akan mengenakan topeng ala Guy Fawkes, seorang aktivis berasal dari Inggris yang sangat tersohor di masanya.

Topeng ala Guy Fawkes
Kelompok Anonymous ini akan menyangkal apabila 'Anonymous' dianggap sebagai komunitas kriminal. Karena pada dasarnya kelompok hacker ini memiliki tujuan yang baik, yakni untuk mencari keadilan khususnya di dunia internet.

Anonymous tersebar di seluruh dunia, begitu pula Indonesia. Anonymous Indonesia di mata dunia bisa dibilang tidak boleh diremehkan. Buktinya, yang belakangan ini terkait masalah penyadapan yang dilakukan Australia, 'Anonymous Indonesia' berhasil meng-hack ratusan situs Australia untuk mencari keadilan di Indonesia.

Anonymous mengusung slogan yang telah dikenal di seluruh dunia yaitu
We are Legion. We do not forgive. We do not forget. Expect us.
Anda tertarik untuk bergabung? dan membebaskan internet dunia?

3 comments:

Thank you. I really appreciate your comment!