Jadi Blogger, Apa Untungnya?

By Rafiandi Indra Adigana
Advertisement

Blogger, salah satu platform situs web yang paling banyak digunakan di dunia. Blog diciptakan memilki banyak sekali fungsi. Pada awalnya, blog digunakan untuk menulis pengalaman-pengalaman pribadi atau dengan kata lain berfungsi untuk menulis diary. Namun, seiring perkembangan blog tidak hanya digunakan sebagai diary saja. Buktinya, sekarang blog digunakan untuk berbagi berbagai macam berita, mulai dari teknologi, olahraga, politik dan lain sebagainya.

Anyway, Blogger adalah orang yang memilki dan menekuni dunia blog. Dan nama kegiatannya adalah blogging. Lalu timbul pertanyaan, apa sih keuntungan membuat blog? apa sih untungnya jadi blogger?

1. Melatih Visual

Dalam membuat blog, tidak akan lepas dengan namanya tampilan. Pasti blogger akan meningkatkan kualitas tampilan blog mereka, agar lebih enak dimata pengunjung maupun dirinya sendiri. Banyak sekali hal-hal yang dapat meningkatkan kualitas tampilan blog kita seperti template, widget dan sebagainya.

Saat blogging kita mencoba untuk mengutak-atik dan membuat suatu desain yang unik agar blog kita lebih indah dan nyaman untuk dilihat. Tanpa kita sadari hal itu dapat melatih kemampuan untuk berpikir dan imajinasi dalam gambar. Apalagi kalo kamu punya skill blogging dan juga designing

2. Meningkatkan Kreativitas


Berhubung dengan melatih kecerdasan visual, menjadi seorang blogger juga dapat meningkatkan kreatvitas. Khususnya bagi blogger yang membuat kata-kata sendiri/yang tidak copas. Karena dalam membuat artikel sendiri kita pasti akan merancang/menyusun gaya bahasa dan kalimat yang pas untuk dibaca.

Semakin sering kamu berlatih dalam mengembangkan gaya bahasa untuk artikelmu, Semakin unik pula gaya artikel yang dapat kamu tulis. Ini akan berpengaruh pada kehidupan sehari-hari misalkan saja disaat membuat makalah, skripsi dan sejenisnya.

3. Menambah Pengetahuan


Karena dalam membuat suatu artikel kemungkinan besar kita pasti akan mencari referensi yang kita butuhkan, karena referensi-referensi itulah yang juga mempengaruhi kualitas dan bobot artikel kamu.

Semakin sering kita membuat artikel, maka semakin sering pula kita membaca. Nah, secara tidak langusng referensi-referensi yang kita baca itulah menambah pengetahuan, bahkan mungkin pengetahuan-pengetahuan yang belum kita ketahui sebelumnya.

4. Melatih Emosi


Melatih emosi? kok bisa? Yap, saat blogging pasti mendapatkan banyak sekali masalah. Mulai dari masalah koneksi internet yang terkadang membuat frustrasi, kesalahan-kesalahan kode HTML yang tak kunjung benar dan selesai, membuat artikel yang panjang dan berkualitas, hingga komentar-komentar negatif pengunjung terhadap blog anda.

Itu rasanya ngeselin banget bagi seorang blogger yang telah berusaha keras tapi masih ada hal-hal yang kurang. Nah, hal itulah yang dapat melatih kesabaranmu. Jadi, jika diaplikasikan dalam kehidupan mungkin akan menjadi orang yang lebih sabar.

5. Keuntungan Finansial


Ya, menghasilkan uang!. Sebenarnya blog yang kita buat dapat menghasilkan keuntungan finansial (uang) dengan mengkuti berbagai program. Seperti affiliasi, PPC maupun Google Adsense. Namun, program yang saya sebutkan tersebut harus memiliki rekening bank atau kartu kredit terlebih dahulu.

Tenang saja, bagi kamu yang masih seorang pelajar atau yang belum memilki rekening bank/kredit, Kamu dapat mengikuti lomba-lomba menulis ataupun sejenisnya. Buktinya, saya pernah memenangkan lomba blog dan tentu mendapatkan imbalan dari blog yang saya buat tersebut walaupun saya masih seorang pelajar. (well meskpun cuman dapet 250k)

6. Menambah Banyak Teman


Yap, selain kentungan-keuntungan di atas, kita juga bisa menambah banyak teman dari blogging. Akan tetapi, di dunia blogging mungkin lebih ke teman pena. Dan dari teman baru itulah, mungkin kita bisa saling berbagi pengetahuan, saling sharing atau bahkan bekerja sama dalam hal yang positif. (Thanks buat komennya untuk poin yang ini anyway)

7. Anti Pikun


Seperti yang kita tahu, semakin sering kita membaca semakin jauh dari kepikunan. Sebagai blogger, rasanya kita tidak pernah berhenti membaca. Karena membaca adalah hal yang wajib bagi seorang blogger. Entah itu untuk mencari bahan artikel, mencari inspirasi dan lain sebagainya.

Kurang afdol rasanya jika menjadi seorang blogger akan tetapi jarang membaca. Membaca adalah gudang ilmu. Bagi blogger, membaca adalah gudang bahan untuk membuat artikel.

8. Bebas Berekspresi

Menjadi blogger juga mendapatkan keuntungan yang hanya bisa didapat oleh blogger. Yap, kamu dapat bebas berekspresi. Berbeda dengan media sosial, dengan blog kamu dapat lebih bebas mengekspresikan apa yang ada dalam imajinasimu.

Kamu dapat mengekspresikan apa yang kamu rasakan. Entah mungkin melepas kegalauan, atau hanya sekedar pelampiasan saat badmood dan masih banyak lagi. Nah, karena kita dapat mengekspresikan apa yang kita rasakan secara bebas hal ini juga dapat menghilangkan stres. Menulis dan membaca itu memang hal yang sangat bermanfaat bagi kita.

Nah, sekian keuntungan-keuntungan yang bisa kita dapatkan. Banyak bukan? mungkin masih banyak lagi keuntungan dari menjadi blogger. Jika kamu punya tanggapan atau hanya sekedar berkomentar, I'll really appreciate!

12 comments:

  1. Ya ngeblog itu sebagai katarsis penghilang penat.

    ReplyDelete
  2. Nice artikel. setuju dengan artikel di atas, banyak bngt manfaat dari blogger. Bisa mengasah otak dan jadi banyak teman, dr pada gunain internet dg hal2 yg ga jelas or mainan medsos dg pasang status yg galau2 mending kita tuang ide dan publish di blog apa lgi kalo mengikuti berbagai lomba. Duh seru deh, bikin mupeng sama hadiahnya.
    aku follow blog kmu yah, follow back jg dong blog aku.
    http://catatandewisri.blogspot.com/
    makasih, btw salam kenal dan salam blogger :)

    ReplyDelete
  3. hehe iya bener, ngeblog buat berbagi dan belajar. dan rejeki yang datang itu bonus dari Tuhan :D
    nice post gan

    ReplyDelete
  4. Blog juga bisa menjadi penghilang stres. Maksudnya, jika kita lagi bete, gak mood, galau dan sejenisnya, berlari ke blog atau menulis, bisa meredakan perasaan gak enak tadi, hehehe

    ReplyDelete
  5. Betul Juga Gan.Selain Menambah Wawasan.Juga Bisa Banyak Teman.Tapi Inget Waktu Ngeblog Sama Waktu Belajar :)

    ReplyDelete
  6. emang walopung nyong masih susah ngungkapin pikiran ke dalam tulisa tapi nyong menemukan ke asikan tersendiri di dalam ngeblog...

    ReplyDelete
  7. Belajar disiplin nulis kalau blog agan update nya terjadwal :)

    ReplyDelete
  8. Makasih banget... jadi tambah semangat buat blogging... :-)

    ReplyDelete

Thank you. I really appreciate your comment!