Belajar Makin Fleksibel Dengan 'Edmodo'

By Rafiandi Indra Adigana
Advertisement

Pendidikan adalah hal yang sangat penting di dunia ini. Bahkan kita tidak akan tahu apa jadinya manusia di bumi ini tanpa pendidikan. Karenanya, dari masa ke masa dilakukan inovasi-inovasi dalam dunia pendidikan yang tentu hal ini sangat berguna bagi manusia.

Inovasi-inovasi pada bidang pendidikan itulah, membuat proses belajar mengajar menjadi semakin mudah dan fleksibel. Salah satunya adalah Edmodo. Edmodo adalah media sosial asal Chicago yang bertujuan untuk menciptakan kelas virtual berbasis web.Lalu, apa saja fitur-fitur yang ditawarkan Edmodo ini? Mari kita simak ulasan berikut!

Edmodo di desain agar Anda dapat melakukan suasana belajar yang lebih fleksibel dan lebih santai. Disaat Anda menmbuat akun Emdodo, Anda dapat memilih menjadi seorang guru/murid/wali murid (orang tua). Ketiga jenis akun tersebut memiliki peran masing-masing yang penting. Anda hanya harus menyesuaikan.


Edmodo sangat mirip pada jejaring-jejaring sosial pada umumnya. Perbedaanya adalah, jika Anda membuat akun sebagai guru Anda dapat membuat soal, dalam bentuk uraian maupun dalam bentuk pilihan ganda. Lalu para murid dapat menjawab soal-soal yang diberikan tersebut. Tanpa perlu bertemu dengan guru, Anda dapat menjawab soal-soal tersebut hanya dengan bantuan internet.

Selain itu, para murid dapat meng-upload file-file apapun. Hal ini juga berguna jika teman Anda membutuhkannya ataupun sebagai pelengkap materi pembelajaran. Setelah murid menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, guru dapat memberikan nilai sesuai yang ditentukan.

Lalu, apa peran akun wali murid di Edmodo?
Peran wali murid adalah memantau dan mengetahui perkembangan nilai-nilai yang didapat oleh anaknya.

Selain pada platform web, Edmodo juga hadir pada platform Android. Pada aplikasi Androidnya Edmodo mendapat perhatian yang cukup baik. Buktinya, Emodo mendapat rating sebesar 4,0 dari total jumlah 7.248. Anda dapat menngunduh aplikasinya melalui PlayStore dengan OS minimum Android 2.2 Froyo.

Nah, dengan adanya Edmodo ini pasti proses pembelajaran menjadi lebih fleksibel dan dengan sensasi berbeda. Karena tanpa repot-repot transportasi lagi, Anda hanya perlu butuh perangkat teknologi seperti PC ataupun Android dan dengan bantuan koneksi internet Anda dapat belajar dari mana sajadan kapan saja.

Jadi, Anda hanya perlu mengunjungi Edmodo.com > membuat akunnya > nikmati sensasi belajar yang unik.

0 comments:

Post a Comment

Thank you. I really appreciate your comment!