7 Tips Memilih Template Blog Yang Tepat

By Rafiandi Indra Adigana
Advertisement

Seberapa sering anda mengganti template blog anda? Yakinkah anda sudah memilih template yang tepat untuk blog anda? Memilih template yang tepat akan mempengaruhi blog anda kedepannya. Karena template merupakan faktor yang penting dalam kesuksesan blog anda.

Mengapa dianggap sangat penting? Karena template yang anda pakai juga akan berpengaruh pada hal-hal penting lainnya. Seperti kenyamanan pengunjung, traffic blog, SEO dan masih banyak lagi.

Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih template yang tepat untuk blog anda. So, artikel ini akan membantu dan memandu anda dalam mempertimbangkan hal-hal tersebut dalam pemilihan tamplate. Let's check this out!

Kesesuaian Dengan Niche :



Yap, menurut saya ini hal pertama yang perlu diperhatikan. However, apa itu niche? Secara singkatnya, niche adalah hal atau topik yang kita bahas dalam blog. Contohnya blog saya, blog saya ber-niche teknologi. Nah, mudah dipahami bukan?

So, memilih template yang sesuai dengan niche blog memang menjadi hal yang sangat penting. Akan terasa janggal dan kurang enak dipandang mata jika blog anda ber-niche olahraga, namun anda memilih template yang di-desain untuk situs jual beli. Akan terlihat aneh pastinya.

Responsiveness :



Mungkin anda sudah cukup familiar dengan kata responsif (responsive) dalam hal template. Pada dasarnya template yang responsif adalah template yang tampilannya dapat sesuai pada berbagai perangkat. Atau dengan kata lain, template yang tampilannya sesuai pada berbagai ukuran layar, seperti Dekstop, Linux, Tab dan Mobile.

Seperti yang kita tahu, para pengunjung ingin mencari dan mengakses informasi dengan cepat dan mudah. Nah, oleh karena itu kebanyakan dari pengunjung lebih memilih mengakses informasi melalui mobile. So, jika anda menargetkan pengunjung anda berasal dari pengguna mobile dan ukuran lainnya (Tab, Linux) anda harus mencari template yang memiliki fitur responsif di dalamnya.

Menu Navigasi :



Menu navigasi juga meruapakan hal yang penting dalam suatu blog. Selain memudahkan para pengunjung, menu navigasi juga berpengaruh terhadap SEO. Jadi, anda harus memilih template dengan menu navigasi yang jelas dan mudah di akses di dalamnya.

Saya menyarankan, anda memiliki dua jenis menu navigasi : navigasi yang pertama digunakan untuk kategori atau label blog anda. Dan navigasi yang kedua digunakan untuk menu tambahan, seperti About us, Contact us, Privacy Policy dan lain sebagainya.

Kecepatan Loading :



Kecepatan dalam memuat blog anda juga harus anda pertimbangkan. Karena hal ini berpengaruh pada kenyamanan para pengunjung yang mengunjungi blog anda. Para pengunjung anda akan pergi dari blog anda jika blog anda memiliki template yang berat untuk dimuat.

Selain mempengaruhi para kenyamanan pengunjung, kecepatan juga akan berpengaruh terhadap SEO. Jika blog anda memiliki kecepatan loading yang relatif cepat maka blog anda bisa dianggap SEO friendly.

Ad Spaces :



Atau dengan kata lain, tempat untuk beriklan. Ini juga merupakan hal yang cukup penting dan cukup perlu untuk anda perhatikan dalam memilih template. Karena kita para blogger dapat menghasilkan uang dengan melalui iklan, jadi dengan memberikan space untuk iklan memang cukup penting.

Anda dapat memberikan space pada bagian contohnya seperti bagian header, dibawah judul postigan, di siderbar (bagian samping blog), atau dibawah postingan. Walaupun sebenarnya hal ini bukan hal wajib atau bisa dibilang optional.

Design :



Yap, dalam memilih template, segi desain (design) juga perlu anda perhatikan. Selain hal-hal diatas ada juga hal yang anda pertimbangakan. Saya menyarankan, pastikan template yang anda pilih memiliki desain yang postingannya mudah dibaca.

Warna template yang sesuai dan tidak terlalu norak. Lalu, saya juga menyarankan agar anda memilih template yang relatif sederhana dan simple daripada desain yang rumit dan berbelit. Karena menurut saya, desain yang simple lebih nyaman.

SEO Friendly :



Apa sih SEO itu? SEO adalah Search Engine Optimization. Secara singkatnya SEO adalah suatu cara atau pengoptimisasian blog dengan hal-hal yang berkaitan dengan mesin pencari seperti Google, Bing, Yahoo dsb.

So, jika anda memilih dan mencari template pastikan sudah ada fitur SEO optimized atau SEO friendly. Karena hal ini akan berpengaruh pada blog anda dengan hal-hal yang berkaitan dengan mesin pencarian.

Yap, itulah hal-hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih template. Saya rasa masih ada banyak hal lagi yang bisa anda sampaikan pada kolom komentar. Semoga artikel ini membantu anda!

16 comments:

  1. Wah, terimakasih tipsnya...jadi tambah wawasan soal template dan penampakan blog...hehehe

    ReplyDelete
  2. keren tipsnya...singkat tapi padat...kalo blog saya sudah SEO Friendly ga ya? salam kenal ^^

    ReplyDelete
  3. tapi gua belom bisa moveon dr template yg sekarang. padahal udah pengen banget ganti. :3

    ReplyDelete
  4. wah saya juga tiru in ahh siapa tau bisa nangkring di page one :D

    ReplyDelete
  5. terima kasih gan infonya bermanfaat sekali.

    ReplyDelete
  6. wahh terimakasih banyak kak buat tipsnya :D sangan membantu :D

    ReplyDelete
  7. Tipsnya sangat bermanfaat, untuk yang seo friendly bisa dijelaskan secara gak kak? Soalnya masih bingung sama yang berbau seo.

    Salam dari Galassia del Sogno

    ReplyDelete
  8. Nice share, bang. Butuh banget info kayak beginian. Saya selalu ragu dengan kecepatan blog saya, Bang. Pasalnya, kecepatan blog ini kan juga pengaruhnya di koneksi internet juga, to. Kalau di koneksi saya kebetulan cepet, saya bilangnya bagus. Kalau ketika orang lain yang koneksinya (maaf) lelet, pasti bilangnya blog saya jelek. Gimana, tuh, bang?

    Atau dilihatnya dari ukuran blognya, ya? Kalau dari ukuran iwebtool, ukuran blog saya 90.04 kB, bang. Berat gag ya - -"

    ReplyDelete
  9. terima kasih broo tips"nya....... tips"nya membantu banget :)

    ReplyDelete
  10. pengen ganti template gan, tapi saya blogger hp jd ga bisa deh,

    ReplyDelete
  11. Wah...Thanks ya Tipsnya , ini benar2 menambah Ilmu para Blogger Pemula, kaya Saya...

    ReplyDelete

Thank you. I really appreciate your comment!