Tingkatkan Produktivitas Dengan 9 Fitur Dari ASUS EeeBook E202

By Rafiandi Indra Adigana
Advertisement

Apakah kamu orang yang dituntut memiliki mobilitas tinggi? Apakah kamu orang yang harus selalu produktif dimana saja dan kapan saja?

Pada era globalisasi ini, teknologi rasanya sudah menjadi sebuah kebutuhan utama manusia disamping kebutuhan sandang pangan papan. Tak heran jika orang dimana-mana pasti mantengin layar hape, dimana-mana mantengin laptop.

Gak cuman pekerja dan mahasiswa aja yang dituntut punya mobilitas tinggi. Saya sebagai seorang pelajar sering dapat tugas yang menumpuk dan tidak sedikit pula yang harus diselesaikan dengan laptop. Yah, jadinya kadang enak-enak nongkrong habis sekolah masih harus disambi buka laptop buat nyelesain tugas karena deadline tidak bisa diajak kompromi.

Untungnya, ASUS EeeBook E202 hadir sebagai solusi permasalahan yang kita alami. Yap, netbook satu ini bisa menunjang mobilitas kita dan meningkatkan produktivitas dengan fitur-fitur yang ditawarkan. Kenapa harus ASUS EeeBook E202?

1. Desain Yang Solid


Netbook yang satu ini bisa kalian bawa kemana saja karena hanya memiliki bobot 1,21 kg dengan dimensi 193 x 297 mm. Ini menjadikan ASUS EeeBook E202 tidak lebih besar dari ukuran kertas A4. Cocok banget buat kalian yang kemana-kemana mesti bawa laptop tapi gak bikin pinggan kalian linu.

Meskipun ukurannya yang compact, netbook ini dibekali dengan ukuran layar 12 inch dan resolusi layar 1366 x 768 pixel. Ini artinya tidak perlu khawatir buat kalian yang suka nonton film. Karena dengan resolusi ini kalian pasti merasa cukup nyaman.

2. Touchpad Yang Responsif


Memang sekarang banyak beredar laptop hybrid atau 2-in-1 laptop yang diusung dengan fitur touchscreen. Tapi netbook ASUS EeeBook E202 tidak dibekali fitur tersebut. Well, saya sendiri lebih nyaman dengan netbook daripada laptop hybrid buat ngerjain tugas-tugas sekolah.

Untuk menutupi fitur touchscreen, netbook ini hadir dengan touchpad yang 36% lebih besar dibanding netbook sejenis. Selain itu, touchpad-nya dilengkapi dengan fitur intuitive touch experience.

Dengan dukungan teknologi ASUS Smart Gesture pada touchpad-nya, kalian bisa menggunakan touchpad ini layaknya kalian menggunakan layar smartphone. Contohnya seperti Zoom In/Out, Drag, Page Scrolling, atau membuka Cortana.

3. Baterai Tahan Lama


Kalo kalian sering pakai laptop berjam-jam, kalian tidak perlu khawatir sering-sering cari stop kontak cuman buat ngecas laptop karena netbook ASUS EeeBook E202 dibekali daya tahan baterai yang diklaim mampu bertahan selama 8 jam yang juga dibekali prosesor Intel hemat daya.

Netbook cocok banget buat saya sebagai seorang pelajar, saya mungkin berani gak bawa charger ke sekolah karena baterai yang tahan lama ini. Kecuali kalo sekarang bakalan full day school, hehehe.

4. Varian Warna Yang Ciamik


Biasanya yang namanya netbook itu pasti warna nya gitu-gitu aja, ngebosenin. Tapi nampaknya ASUS ingin membuat para penggunanya tetap stylish dengan netbook yang satu ini. ASUS EeeBook tampil dengan warna yang variatif nan ciamik seperti Silk White, Dark Blue, Lightning Blue dan Red Rouge.

Dengan varian warna yang eye-catching ini cocok banget buat kalian yang ekspresif dan kreatif. Apalagi dengan warna-warnanya, menjadikan laptop ini instagramable banget.

5. Fanless Design


Dengan fitur ini dijamin pasti kalian betah pake netbook ini dimana saja kapan saja. Karena dengan desain yang fanless (tanpa kipas) ini bikin ASUS EeeBook E202 memiliki kebisingan yang sangat rendah. Sehingga bikin aktivitas kalian dengan netbook ini nyaman digunakan dimana saja jika ada keperluan urgen, seperti di perpustakaan, tempat ibadah ataupun rumah sakit.

Selain itu, dengan fitur fanless design ini menjadi kan laptop ini sangat tipis sehingga lebih tidak mudah kemasukan debu dan lebih hemat daya karena kipas pada laptop umumnya juga memerlukan daya tambahan untuk memutarnya.

6. Konektivitas

-Interface
Meskipun ukurannya yang kecil dan simple, netbook ini memiliki konektivitas yang cukup lengkap dan memadai. Mulai dari micro HDMI port, slot MicroSD, Headphone-out jack 3,15mm, USB 2.0, USB 3.1 sampai USB 3.1 Type-C.


Kalo kalian biasanya sering menancapkan USB flashdisk ke laptop, kalian tahu bila posisi kepalanya terbalik, USB flashdisk-nya tidak bisa ditancapkan. Dengan adanya USB 3.1 Type-C ini bisa bikin kalian menghemat waktu karena USB dapat dicolok dengan berbagai arah dengan colokan reversible setiap saatnya. USB 3.1 Type-C ini didesain lebih awet dengan  dicabut-pasang hingga 10.000 kali jika dibandingkan dengan tipe standar yang hanya 1500 kali.

Selain itu, dengan adanya USB 3.1 ini kalian bisa mentransfer data yang diklaim 11 kali lebih cepat dibanding USB 2.0 sehingga kalian gak perlu buang waktu yang lama buat mengcopy/mentransfer data.

- Networking
ASUS EeeBook E202 ditunjang dengan teknologi Wi-Fi 802.11ac terbaru yang memiliki kecepatan hampir tiga kali lipat dari 802.11n. Maksudnya dengan kecepatan Wi-Fi yang sama 802.11ac lebih efisien dalam memaksimalkan kecepatan Wi-Fi dibanding 802.11n sehingga aktivitas seperti streaming, download, browsing menjadi lebih lancar.

Terlebih lagi, netbook ini sudah dilengkapi dengan Built-in Bluetooth™ V4.0 yang semakin dapat menunjang kebutuhan kalian dalam beraktivitas.

7. Teknologi ASUS SonicMaster


Mengusung dual speaker dengan teknologi ASUS SonicMaster ini cocok buat kalian yang suka nonton film atau mendengarkan lagu. Karena speaker netbook ini didesain di posisi yang tepat sehingga menghasilkan keluaran suara yang maksimal.

Berkat Dual Speaker ASUS SonicMaster suara dihasilkan menjadi lebih powerful, lebih jernih, jangkauan suara lebih luas dan bass yang lebih dalam.

8. Teknologi ASUS Splendid


Buat kalian yang suka nonton film, keliatannya kalian harus melihat fitur yang satu ini. Karena dengan teknologi dari ASUS ini bikin akurasi warna yang dihasilkan lebih optimal. Seperti yang dilansir dari laman resmi ASUS.
ASUS Splendid memiliki empat mode: Normal mode, Eye Care mode, Vivid mode dan Manual mode. Normal mode memberikan pengaturan awal yang dapat dioptimalkan, Eye Care mode mengurangi tingkat cahaya biru agar lebih nyaman dalam melihat, dan Vivid mode dapat menyesuaikan pengaturan tampilan untuk memberikan gambar penampilan yang benar-benar hidup, tanpa membuat warna terlihat seperti buatan. Manual mode memberikan Anda kontrol untuk mengatur suhu warna, sehingga Anda dapat menyesuaikan tampilan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda sendiri.

9. Performa dan Penyimpanan


Dari segi performa, saya rasa netbook ini cukup standard dengan didukung prosesor Intel Celeron Dual-Core N3050 dengan speed 1.6GHz dan TurboBoost up to 2.16GHz. Lalu, dengan GPU Intel HD Graphics. Selain itu juga dilengkapi dengan memori RAM OnBoard 2GB DDR3L 1600 MHz. Spesifikasi ini cukup untuk menunjang aktivitas-aktivitas ringan hingga menengah seperti browsing, menonton video, proses pengetikan, dan multitasking sehari-hari.

Meskipun performanya cukup standard, ASUS EeeBook E202 hadir dengan kapasitas HDD 500 GB. Netbook ini memiliki hardisk yang cukup besar jika dibandingkan dengan netbook sejenis. Dengan kapasitas sebesar ini kalian tidak perlu khawatir untuk kehabisan space untuk menyimpan data-data.

Kalo kalian merasa HDD 500 GB masih kurang. Jangan khawatir, netbook ini hadir dengan penyimpanan cloud ASUS WebStorage sebesar 16GB secara gratis untuk satu tahun.

Harga


Kalian tidak usah khawatir, meskipun ASUS EeeBook E202 kaya akan fitur-fitur yang menarik, netbook ini nggak bikin kalian menguras kantong. Netbook ini hadir dengan dengan versi DOS dan juga versi Windows 10 dibanderol dengan kisaran harga Rp. 3.249.000 saja.

Gimana? Dengan spesifikasi dan fitur-fitur menarik tetapi harga yang ramah dikantong saya rasa ASUS EeeBook E202 ini sangat worth a buy.



Intermezzo
Saya akan sangat terbantu sekali kalo punya netbook diatas, sebagai seorang pelajar, seorang blogger dan sebagai seorang yang lagi belajar standup comedy. Asal kalian tahu, saya punya kebiasaan langsung mencatat ide materi yang muncul  dimana saja kapan saja di note smartphone. Kalau punya netbook ASUS ini kan pasti jadi lebih enak, muncul ide langsung bisa nulis dengan nyaman. Damn son, really want it!

Sialnya aku tau lomba blog ini H-2 deadline. Bisa bayangin betapa gupuh nya saya dalam menulis artikel ini. Well, gak berharap banyak sih.. Yah.. semoga saja bisa maksimal hasilnya.


Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com

10 comments:

Thank you. I really appreciate your comment!