Ternyata Hewan Di Logo Firefox Bukanlah Seekor Rubah Merah

By Rafiandi Indra Adigana
Advertisement
Banyak sekali browser-browser yang digunakan oleh pengguna internet. Mulai dari Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer dan Safari. Dan pasti banyak sekali fakta-fakta yang tersirat dari browser-browser tersebut. Namun, kali ini kita akan membahas fakta dari browser Firefox. 
Tahukah kamu, bahwa sebenarnya logo Firefox bukanlah rubah berbulu warna merah?
Mungkin banyak dari kalian yang selama ini mengira bahwa logo dari Firefox adalah rubah berwarna merah yang medekap dengan bumi. Namun, ternyata bukan.

Sebuah tweet yang menarik dari sebuah akun Twitter bernama Hidden Fatcs, @Factsionary berisikan,
"The animal in the Firefox logo is not actually a fox. It's Red Panda - Hewan yang digunakan sebagai logo Firefox sebenarnya bukan rubah. Hewan itu ada Panda berbulu merah"
Ketika dicoba diperiksa di wikipedia, ternyata hal ini benar. Bahwa logo pada Firefox adalah seekor panda merah, bukan rubah merah.


Logo Firefox seperti saat ini tersebut dibuat pertama kali oleh seseorang bernama Steven Garrity. Dalam emailnya kepada tim Firefox mengatakan, "Firefox sebenarnya adalah seekor panda merah yang lucu, tapi karena tidak begitu mengintepretasikan nama browsernya, maka sedikit didesain agar tidak begitu terlihat seperti seekor panda.". Setelah mendapatkan persetujuan dari pihak Firefox, akhirnya, sketsa logo tersebut diperbaiki kembali oleh Daniel Burka dan Stephen Desroches.

Sayangnya tidak ada penjelasan yang jelas mengapa panda merah dijadikan sebagai logo Firefox, tidak langsung rubah merah.