6 Tips Menulis Artikel Yang Fresh Untuk Tingkatkan Pengunjung

By Rafiandi Indra Adigana
Advertisement

Apa jadinya jika artikel kamu disukai mesin pencari, tapi pembaca tidak menyukainya? Artikel menjadi hal terpenting dalam menentukan kualitas menarik tidaknya suatu blog. Namun bukan berarti hal-hal lain seperti SEO dan template bukan hal yang penting.

Menulis suatu artikel bukanlah hal yang mudah bagi blogger, karena blogger dituntut untuk menulis artikel yang dapat menarik pengunjung untuk membaca artikelnya.

Nah, disinilah dibutuhkan artikel yang fresh. Sebagai blogger kita tidak mau kan artikel yang kita tulis dengan susah payah malah tidak ada seorang pun yang membacanya. Bagaimana sih membuat artikel yang dapat dinikmati (dibaca) oleh pengunjung, Inilah tips-tips yang mungkin anda perlukan!

Judul Yang Menarik


Judul menjadi hal pertama yang perlu anda perhatikan dalam membuat artikel. Judul menjadi hal yang penting untuk meningkatkan pengunjung karena sebagian besar orang saat menggunakan mesin pencari hal pertama yang mereka pertimbangkan untuk dibuka adalah judul.

Judul membuat artikel anda nampak berbeda dari yang lain dan membuat artikel anda lebih bernilai meskipun memiliki topik yang sama dengan artikel yang lain.

Bagaimana membuat judul yang menarik?  Dalam membuat judul anda dapat menggunakan kata hiasan setelah topik judul anda. Misalnya seperti ini

1. Cara Menghilangkan Jerawat
2. Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Terbaru dan Terlengkap 2016
3. Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Dalam Seminggu

Anda bisa lihat judul-judul tersebut memiliki topik yang sama yaitu menghilangkan jerawat. Namun saat berada di mesin pencari mana yang akan anda buka?

Jika kita lihat judul pertama menjadi judul yang biasa dan kurang spesifik. Judul kedua lebih spesifik dari pada judul pertama. Namun, judul kedua berlebihan dan kurang tepat dalam menggunakan kata hiasan bahkan menjadi aneh. Judul yang ketiga menjadi yang paling enak untuk dibaca, karena menggunakan kata hiasan yang tepat.

Anda dapat menggunakan angka ataupun rentan waktu untuk meyakinkan pembaca dalam mencari solusi yang mereka cari.


Gunakan Bahasa Yang Khas


Untuk membuat artikel yang fresh anda juga perlu tata bahasa dan ejaan yang tepat. Ini diperlukan agar pembaca anda merasa nyaman dan tidak merasa bingung terhadap artikel yang anda buat.

Indonesia sendiri memiliki bahasa yang sangat beragam. Mulai dari bahasa daerah sampai bahasa gaul. Namun sebaiknya anda menggunakan bahasa Indonesia yang baku namun masih terkesan santai.

Hindari kata-kata gaul dan singkatan-singkatan yang tidak umum. Karena malah membuat anda terkesan tidak profesional.

Mungkin anda dapat menentukan kekhas-an bahasa anda. Seperti "saya" atau "aku", "anda" atau "kamu", "sobat" atau kawan. Dll

Memang mungkin terlihat sepele, tapi hal ini dapat membuat pembaca anda merasa nyaman. Tergantung siapa yang menjadi target pembaca anda.


Tidak Bertele-Tele


Pembaca tidak menyukai artikel yang terlalu bertele-tele. Hindari pembukaan yang tidak penting, seperti curcol yang malah out of topic pada awal pembukaan. Yang malah membuat artikel anda tidak fresh dimata pembaca.

Anda dapat membuat pembukaan yang tidak bertele-tele tetapi menarik, misalnya dengan cara mengajukan pertanyaan di awal. Contohnya seperti pembukaan artikel ini, perlu diketahui jika anda menggunakan pertanyaan pada pembukaan usahakan pertanyaan memiliki jawaban yang luas,

Hindari pertanyaan yang memiliki jawaban terbatas, yang hanya sekedar "ya" atau "tidak. Contohnya seperti, Apakah anda memerlukan artikel yang berkualitas bagi blog anda?.

Tidak bertele-tele bukan berarti tidak panjang. Jika memang topik yang anda ulas luas, tidak ada salahnya anda mengulasnya dengan panjang. Asalkan tetap berbobot.

Anda juga dapat membuat poin-poin dalam artikel anda untuk membuat kesan tidak bertele-tele

Artikel yang panjang tidak selalu berbobot, namun artikel yang berbobot selalu panjang. -PanduanIM

Berbobot


Artikel berbobot dan berkualitas hanya dapat dibuat jika anda melakukan riset dan memahami betul topik yang akan anda tulis. Akan terlihat betul jika artikel yang anda tulis belum menguasai dan memahami, apalagi jika hanya menyontek sana-sini. Originalitas menjadi hal yang penting

Bagaiamana artikel yang berbobot itu? Artikel yang berkualitas dan berbobot adalah artikel yang berisi solusi yang bermanfaat dan jawaban yang mereka cari.

Bukan hanya sekedar informasi yang sudah mereka ketahui pada umumnya. Pembaca lebih suka artikel yang spesifik karena dianggap lebih memberikan rasa kepastian bahwa permasalahan mereka akan terjawab, Namun, tetap dikemas dengan santai dan tidak rumit.


Berikan Gambar Ilustrasi


Anda dapat menambahkan gambar-gambar yang menarik yang dapat mengilustrasikan poin-poin dalam artikel anda. Ini dapat membuat pembaca lebih menangkap dari apa yang anda tulis.

Selain itu juga dapat memberikan kesan tidak membosankan. Atau bahkan dapat membuat artikel anda lebih eye-catching. Bagaimana gambar yang menarik?

Pastikan anda memberikan gambar yang dapat meringkas atau menggambarkan poin tertentu pada artikel anda. Akan menjadi nilai lebih jika gambar yang anda tambahkan adalah buatan anda sendiri. Mungkin anda menggunakan style gambar yang lagi tren, misalnya flat design.


Lupakan SEO


Artikel yang fresh disini maksudnya dalah fresh dimata orang bukan mesin pencari. So, lupakan SEO terlebih dahulu. Namun bukan berarti SEO itu tidak penting ya.

Mungkin artikel yang anda ketahui adalah artikel yang
> Minimal menggunakan heading h2 dan terdapat keyword.
> Judul yang menggunakan keyword
> Menggunakan bold, italic, underline pada setiap keyword

Kita lupakan dulu aturan-aturan diatas. Di era sekarang artikel yang human-friendly berarti juga SEO-friendly. Kita buat kagum para pembaca terlebih dahulu,


Menulislah Untuk Pembaca, Bukan Untuk Mesin Pencari

1 comment:

  1. Iron-Titanium-ART | TITanium Art & Prints
    Iron-Titanium-ART has two uniquely ford escape titanium 2021 shaped objects. The titanium flashlight first titanium flashlight is the metal tip of the skull trex titanium headphones which titanium hoop earrings contains a metal plated edge. This is

    ReplyDelete

Thank you. I really appreciate your comment!