Mengapa Kursor Mouse Miring?

By Rafiandi Indra Adigana
Advertisement
Pernahkah terpikir oleh kita mengapa kursor (pointer) mouse dibuat miring? Tak dipungkiri setiap kita menggunakan PC pasti kita menggunakan mouse. Namun, kita tidak pernah tahu mengapa mouse dibuat miring dan bahkan mungkin pertanyaan tersebut tidak terlintas di pikiran kita. Saat membaca artikel ini pasti akan muncul pertanyaan dan rasa penasaran akan kursor mouse yang dibuat miring ini.

Seperti yang pernah dilansir Kompas Tekno, mouse pertama kali dibuat oleh Douglas Engelbart pada tahun 1968. Dan pada saat itu mouse pertama kali dibuat tegak lurus ke atas. Namun, saat komputer Xeroc PARC dibuat pada tahun 1970-an, kursor mouse dibuat miring.

Alasannya adalah pada masa itu komputer masih dibuat dengan piksel resolusi rendah dan ditambah layar yang masih monokrom, sehingga jika kursor mouse dibuat tegak lurus maka akan sulit untuk dibedakan dengan obyek-obyek lain.


Nah, dengan dibuatnya kursor mouse yang memiliki kemiringan 45 derajat ini pengguna akan lebih mudah mencari kursor mousenya dan lebih mudah dibedakan dengan obyek-obyek yang lain. Sama seperti yang kita rasakan sekarang ini. Untuk lebih mudah penggambarannya dapat melihat pada gambar dibawah ini.


Setelah dibuatnya inovasi kursor mouse dengan kemiringan 45 derajat tersebut kemudian ditiru oleh pembuat-pembuat software besar hingga kini. Hal ini dilakukan oleh Steve Jobs, pencipta Apple untuk Mac OS-nya dan Bill Gates, pendiri Microsoft untuk OS Windows-nya. Memang sejarah kursor mouse miring ini memiliki sejarah yang unik bukan?

2 comments:

Thank you. I really appreciate your comment!